Lilypie 4th Birthday Ticker

Sunday, May 15, 2005

Tajin+Sari Kacang Ijo

Ehm, sebenarnya hari ini pengen up-load resep lain, tapi gara-gara di rumah sering banget ribut soal alternatif minuman buat Nikki, ya udah deh hampir tiap hari buwat. Moga bermanfaat yak...

* Air Tajin
Bahan:
1 genggam beras
2 gelas air
Cara membuat:
1. Cuci bersih beras sampai bersih, tiriskan
2. Tempatkan di panci bergagang, tambahkan air, dan rebus.
3. Aduk-aduk sesekali, sampai mengental.
4. Angkat, saring. Kalo kental banget agak susah, ya cukup pisahkan dengan nasinya
5. Dinginkan, dan sajikan segera.

Note:
- kekentalan tergantung selera. Kalau aku biasanya gak begitu kental banget. Soalnya nanti kalau kekentalan anaknya kenyang duluan. Jadi males makan/minum susu.
- bisa dicampur dengan susu atau diminum langsung.
- ini berguna banget waktu anakku flu perut, yang harus ngurangin konsumsi susu.
- Ehm, kalau misalnya agak repot, bisa aja waktu masak nasi di magic jar, airnya agak banyakin. Nanti kalau udah mendidih dan udah agak mengental, ambil airnya (gak semua lah, kira2 aja, biar nasinya juga tetep oke).

* Sari kacang ijo
Bahan:
1 genggam kacang hijau
2 gelas air
Cara membuat:
1. Cuci bersih kacang hijau, tiriskan.
2. Masukkan kacang hijau ke dalam panci bergagang, tambahkan air, rebus
3. Aduk sesekali, sampai air kacang hijau berwarna merah
4. Angkat.
5. Saring, dan dinginkan.
6. Sajikan.

PESAN: Jangan sampe merekah, karena warna air kacang hijau jadi keruh!!

@Sumber: resep warisan! :)

7 Comments:

At 1:46 pm, Blogger andrecht said...

emang tajin ada vitaminnya?

 
At 12:08 am, Blogger retma said...

Ada kan? Sama kayak nasi. Ada vitamin B dan karbohidrat. Hehehe ^_^. Tajin di sini aku posting bukan sebagai pengganti susu. Tapi karena cukup membantu kalo pas anak kena diare.

 
At 12:55 pm, Blogger Aku dan Halamanku (Rhe_9) said...

salam kenal....
pantesan ibuk ku suka banget ngasih aku tajin pa lagi kalo dikasih sedikit garam n anget2 gitu.... waktu kecil aku seneng banget

 
At 7:04 pm, Blogger Ludmilla said...

kita boleh ngasi tajin ma sari kacang hijau tuh pas anak umur brp ya?

 
At 3:02 pm, Blogger Sinaga Book said...

kalo bayi umur < 6 bulan yang terbaik susu.cukup.tajin ? kalo saya tidak akan memilih tajin, karena bahan kimia untuk beras2 jmn skrg wah byk betul. saya hanya memberikan anak saya (7,5bl) bubur susu beras merah dan kacang hijau..ada info tidak air kacang ijo bole ga dimnum setiap hari ?

 
At 12:05 pm, Anonymous Anonymous said...

sebenarnya aku jg mau coba diberi tajin tapi aku tkt krn berasskrg ada ada yang p[akai pemutih kan tdk seperti jmn aku dulu.. jadi ragu

 
At 11:57 am, Blogger Dewi said...

yup emang kayaknya beras sekarang ada bahan pemutih/apa, pernah pas masak di magic com, keluar busanya dari lubang atas, jadi kuatir juga..hehe

 

Post a Comment

<< Home