Lilypie 4th Birthday Ticker

Friday, April 15, 2005

Tips

Tips ini bersumber dar pengalaman aja, lho....

* Tahapan Pengenalan Makanan Padat
Menurut DSA-nya Nikki (www.babiesonline.com/babies/n/nikki1) waktu Nikki udah mulai ma'em, cara pengenalannya sbb:

:: minggu pertama
Kenalin makanan berupa biskuit bayi yang diencerin dengan susu. Tentunya ini dengan porsi perkenalan ya (biasanya di dus kemasan ada kok). Sehari sekali. Cuman ini aja, gak usah dikasih makanan lain. Susu aja. Nah, lalu liat perkembangannya. Apa anaknya udah mau nerima makanan padat atau belum. Kalau oke, lanjutkan dengan tahap berikutnya.

:: minggu kedua
Setelah seminggu kemarin maem biskuit susu, sekarang waktunya nyoba buah. Untuk pertama kali saya nyoba pisang. Bisa disisir dengan sendok, atau dihaluskan. Tentunya dengan porsi perkenalan juga. Nah, kalo dalam seminggu ini no problemo, ya udah... go, ke minggu berikutnya.

:: minggu ketiga
Nah, minggu ini dikasih bubur. Bisa bikin sendiri, bisa yang kemasan. Tentunya, dengan porsi perkenalan. Nah, kalo dalam seminggu oke, baru lanjut ke menu harian:

Misalnya:
- pagi: bubur susu
- siang: buah
- sore: biskuit susu (untuk awal2, mending kasih yg original aja)

** Sebaiknya kalau memberi makan minimal 1 jam sebelum mandi. Ini untuk mencegah muntah. Dan kalau aku sih, praktis aja ya. Soalnya biar gak gonta-ganti baju juga.
** Meskipun di resep ada keterangan bumbu2, seperti garam, mentega, atau gula, lebih baik jangan kenalkan dulu sebelum anak berusia 1 tahun. Ini karena ginjal anak belum berfungsi dengan baik. Bisa jadi penyakit lho.....
** Untuk umur 8 bulan, bisa mulai dikenalkan dengan keju.
** Untuk umur 1 tahun lebih, sudah bisa dikenalkan dengan yoghurt.

Yach... itu dulu sharingnya.

6 Comments:

At 2:09 pm, Anonymous Ririe said...

Hello Ibu apa kabar? Salam kenal ya, saya nemu site ini saat sedang browsing makanan bayi :) boleh saya link ya site ini?

 
At 8:28 pm, Blogger retma said...

To: Ririe
Iya, boleh aja Ri. Makasih juga udah mampir yach....

 
At 2:48 pm, Anonymous Anonymous said...

Salam kenal mba retma..
akhirnya...,nemu deh blog yg isinya resep bayi.... :)
makasi ya mba, udah bagi2 ilmunya ke kita. Ditunggu resep selanjutnya.. :)

 
At 1:39 pm, Anonymous Anonymous said...

Salam kenal, mbak...
saya nemu site ini pada saat lagi pusing-pusingnya cari menu untuk bayi saya yang mau 7 bulan. dia mau makan buah dan biskuit, tapi kalau saya masakin dia bubur buatan sendiri (bubur beras&bubur kentang), dia g mau makan, maunya makan bubur instan. PAdahal tahapan pengenalannya udah seperti yang Mbak praktekin.Ada tips n trik tertentu ngga ya... biar anak saya mau makan makanan olahan sendiri (didasarkan dari buku resep makanan bayi)
trus lagi, apa ada yang punya info tahapan makanan apa aja yang dikenalkan anak sesuai umurnya, karena dr beberapa artikel/majalah/internet/buku resep, jenis makanan/buah selalu berbeda. Misal avocado, ada yang dimulai dari 6 bulan, ada yang setelah 8 bulan. beras merah/putih ada yang 7 bulan atau ada juga yang 8 bulan.
makasih sebelumnya..

 
At 11:44 am, Anonymous Anonymous said...

Saya lagi cari variasi resep menu makanan bayi um ur 8 bulan... ada yang bisa sharing. Thanx

 
At 11:35 am, Anonymous Anonymous said...

saat perkenalan,apa dalam 1mgg itu menunya sama? thx.

 

Post a Comment

<< Home