Lilypie 4th Birthday Ticker

Saturday, May 21, 2005

Tentang Bayam

Anak Anda sudah mulai diperkenalkan dengan sayuran?
Yiha.... bagus dooong. Tapi, ada tapinya neeh. Kalau untuk makanan yang mengadung bayam (misalnya nasi tim bayam) cukup buat satu porsi aja ya. Intinya, jangan pernah memanasi makanan yang mengandung bayam. Loh, kenapa? Ada beberapa alasan seeh. Setelah tengok sana-sini, ketemu beberapa. Ini dia:

a. Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro). Kalau dia terlalu lama kontak dengan O2 (oksigen dari udara), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah ferro. Sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. Jadi, kalau bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut. --> Aku duluw bingung kenapa ibuku selalu melarang memanasi sayur bening. Blio sih gak bisa jelasin secara ilmiah gituw, tp selalu bilang: sayur bayam, klow belon habis, jangan dipanasi lagi.

b. Jangan pernah mengonsumsi bayam lebih dari 5 jam (maksa banget nih!!!). Soalnya, selain mengandung zat yg disebutin tadi itu, bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia.
Menurut John S Wishnok, bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%).

Efek toksik (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh Nitrit bermula dari reaksi oksidasi Nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah, tepatnya di dalam Hemoglobin (Hb). Telah kita ketahui bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Ikatan nitrit dengan hemoglobin, disebut Methemoglobin, mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, maka akan terjadi keadaan yang disebut Sianosis, yaitu suatu keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen. Jika hal ini terjadi pada bayi dikenal dengan nama “Blue Baby”.
Efek toksik lainnya adalah kemampuan nitrit bereaksi dengan Amino sekunder dapat membentuk senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

c. O,ya jangan masak bayam pake panci alumunium yach... soalnya bisa bereaksi dengan zat besi yang ada di bayam, dan... jadi racun.


Tips mengkonsumsi bayam
* Pilih bayam yang baru dipetik dan masih segar
* Hendaknya langsung diolah setelah mendapatkan bayam segar
* Jangan terlalu lama disimpan dalam lemari es

Jadi takut mengonsumsi bayam?? JANGAN... soalnya, kandungan nutrisinya sangat TOP BGT. Bahkan, bayam disebut sebagai King of Vegetables. Nah lo....
Moga membantu yaaaa.....

@Sumber: dari berbagai sumber

37 Comments:

At 12:02 pm, Anonymous Anonymous said...

trims re, aku jadi tau nih, tapi harus cepat2 telpon rumah, supaya bayem yang dikulkas jangan dimasak

 
At 7:02 am, Anonymous Anonymous said...

Ada satu info lagi Mbak. Bayam sebaiknya tidak dimasak/dikonsumsi bersama ikan salmon karena akan menghasilkan zat yg dapat bersifat karsinogenik. Memang agak mengagetkan, tapi itu yg pernah aku baca Mbak.

Lydia

 
At 7:00 pm, Blogger retma said...

Hi Lydia, thx 4 ur info. Tapiiiy, kamu bisa kasih link atau sumber darimana kamu tahu hal itu gak?

 
At 2:59 am, Anonymous Anonymous said...

misal ditaruh di freezer dgn temperatur -20 boleh ga?

tengkyuh

 
At 8:57 pm, Blogger retma said...

Hi mbak.... emang syusah nyari bayam kah??? Hehehe :D Bayam emang lagi agak mahal, tp kan ya, teteb gak mahal2 amat. Intinya, klow buat baby, menurutku sih, lebih baek yg bener2 "fresh". Lagian, bukan masalah suhunya, tp lama penyimpanan. Makin lama, makin gak bagus.

 
At 7:25 pm, Anonymous Anonymous said...

saya beli babyfood yg botolan, krn nyari bayam tdk setiap saat ada disupermarket.Kalau sayuran yang lain tetap fresh, bayam aja yg susah.

 
At 8:09 am, Anonymous Anonymous said...

duuhh...gimn neeh...sy sdh bbrp kali beri mkn babyku pake bayam ditim and srg dipanasin....jd khawatir jg neehh...
mulai hr ini ga lg deehh...ibu2 punya resep makanan skalian cemilan yg aman buat baby (buatan sdri gitu) buat baby 7 bln...
tenkyu bunda dzaky

 
At 6:58 pm, Blogger retma said...

Hehehe. Gak pa-pa mbak. Yg sudah ya sudah, dah terlanjur. tapi kan sekarang dah tau kan, gimana yg bener. Emang agak ribet sih, tp mo gimana lagi? :(

Cemilan buat baby 7 bulan??? Hihih. Kayaknya untuk umur segitu lom macem2 deh. Aku dulu sering ngasih wortel yg dipotong2+brokoli, terus kukus... ampe empuk. Brokolinya ampe lunak. Abis itu, taruh di mangkuk deh. Boleh dikasih keju atau yogurt (khusus baby yak) dikit. Udah deh. Biarin si anak pegang makanannya ndiri (wortel terutama).

 
At 1:08 pm, Anonymous Anonymous said...

mbak bagaimana dengan bubur tim bayam ayam instant dari merk tertentu, apakah bayam tsb fresh dan baik untuk baby saya. karena baby saya (6bln) saya berikan itu. saya tidak bisa masak dan terlalu sibuk dengan pekerjaan. thanx B 4.

 
At 11:33 am, Blogger tiput30 said...

mbak, aku masih bingung nih, jadi kalo' masak bayam pake' panci yg dari bahan apa ya or pake' yg teflon ya, mbak ...

 
At 2:33 pm, Anonymous Anonymous said...

mmm... ada bacaan sumbernya gak ?

 
At 9:06 pm, Blogger Akira's Blog said...

To: Anonymus ---> sori baru balesin. Apa pun jenis makanan instan, kayaknya gak ada yang bagus yah. hehehe. :D Oke. Masih makan bubur ya? Gimana kalo bikinnya pake slow cooker? Alternatif ajah. Kan cuman tinggal cemplung2 ajah tuh. Colokin, tinggal tidur deh. Pagi dah mateng. Tapi sayurannya baru masukin kalo terakhir2 ajah. Slow cooker kan pake keramik tuh. ^_^

To: Siti --> iyah. Aku biasanya pake teflon atau pake slow cooker yg keramik ituw loh.

To: anonymous --> oke. Sumbernya aku cari dulu yah. Dulu waktu posting ini lupa gak nulis sumbernya. Aku cari dulu ya... kyknya ada di rumah.

 
At 9:54 pm, Anonymous Anonymous said...

kl ga salah ada posting-an blog juga ttg alasan mengapa bayam tidak boleh dikonsumsi jika dipanaskan..nama penulisnya evanlia ato syapa gt...jd postingan-nya mbak retma...copy paste dari blog itu...soal sumber asli belum nemu tuh dimana...

 
At 5:42 pm, Blogger Akira's Blog said...

To: anonymous --> ohya??? Seinget aku, waktu aku posting tulisan ini tahun 2005 :D (aku posting awal2 punya Nikki deh), aku gak copy paste dr blog orang.

Tapi gak tau juga yak. Tapi yang pasti, tulisan ini, persis sama.... (dari a, b, c) sering di copy paste and beredar di milis2. Dan, dari bahasanya itu, itu tulisanku. Jujur ajah, aku nulis itu, nyari data di buku+browsing di internet gara2 ibuku yang bilang kalo masak bayam gak boleh dipanasin, tapi blio gak tau alesannya. Begituw....

Seinget aku, soal bayam yg dipanasin itu, ada ahli siapa gituw yang bilang **berpikir keras banget**. Pokoknya ada ahli yang bilang. Dan di beberapa buku parenting, ternyata aku juga nemuin hal begitu.

 
At 5:48 pm, Blogger Akira's Blog said...

To: anonymous --> aku dah liat blognya evancelia. Ya ampyuuuuuun.... dia yang copy paste tulisanku. TIDAAAAK!!!!!!!!!!! Busyet. gue dituduh copy paste tulisan orang lain yang copy paste dr blogku???? Huahahaha....... ^_^ Anehnya dunia ini!!!!!

 
At 10:15 am, Anonymous Anonymous said...

mbak,kalo masaknya pake panci stainless steel boleh gak ya?Kl di tim trus diangetin di majic jar gak boleh donk...walah trus piye?menu dibagi 2 gitu,yg pake bayam lgs dimakan kl dah mateng,dan yg gak pake bayem biar bisa diangetin.
Pls advisenya donk..many thanks

 
At 8:01 pm, Blogger retma said...

To: lulu :)
Hm, mungkin bisa kali yah. Aku gak tahu kandungan stainless steel (itu baja kan?). Di sini yang ditekankan kan reaksinya jeng. Coba nanti aku cari2 dulu yah.

Hm, masak bayam emang agak ribet yak? :) Intinya sih gituw. Kalo masak bayam ya, sekali makan ajah. Aku juga bingung deh gimana jelasinnya. Hehehe. Kalo aku biasanya sih, kalo kita masih nyusuin ya, sebagian buat anak kita, sebagian lagi buat kita. Jd gak ada yg mubazir. Beli bayam gak usah banyak2 dulu, yg penting masih segar.

 
At 10:54 am, Anonymous Anonymous said...

duh ibu yg satyu ini sososososoooooooooooo great,thnks bgt infow nye
I so proud of u...

 
At 1:56 pm, Blogger mae-loveindonesia.blogspot.com said...

Wah makasih banget infonya,pdhl ntar mo masak bayam yg sdh beberapa hari di kulkas.So...ndak jd masak nih.Ada info lainnya ndak ttg panci yg bgmn yg bagus buat memasak n' sayur apa aj yg bs disimpan lama.Thanx buanget yow...:))

 
At 9:25 pm, Anonymous Anonymous said...

Mamanya Gwen,
masak pagi, bubur dan wortel utk 2 porsi. 1 porsi disimpan di rice cooker untuk sore. 1 porsi ditambah bayam untuk pagi. jadi untuk porsi sore ditambah bayamnya kalo mau maem. didihkan lagi. bolehkan?
o, ya, di kulkas boleh berapa lama?

 
At 2:31 am, Anonymous Anonymous said...

mba...
bener nih ga boleh pake stainless steel ?
aku jd bingung sendiri...pake teflon takutnya partikelnya terurai. kalo pake wajan konvensional aman ga? aku ga tau bahannya apa tuh. he..he..

 
At 10:56 am, Anonymous Anonymous said...

Mba.. Ini mama cha2. Jd masak bayamny pake apa yg aman?

 
At 7:44 pm, Anonymous Anonymous said...

hi mba ..duuh thanks tuk infonya...tp jd sereem soale aku plng suka ngasi bayem ma anaku dr usia kurang setahun dng cara yg slah...jd takut niii...trus kalo slow cooker itu nyarinya d mana yaa...n gemana kalo masaknya pake pirex gtu...once again thank yaa...dr bunda brevan

 
At 10:43 am, Anonymous ewi said...

seru juga si bayam ini...seingat saya, saya pernah membaca di salah satu tabloid wanita : bayam, bit dan kacang kacangan jangan diberikan pada anak usia < 2 tahun.

Terimakasih sudah berbagi info mba Retma..Salam

 
At 9:42 am, Anonymous Anonymous said...

sehubungan dengan masak bayam ga bisa pake panci aluminium...terus pake apa buuu...

 
At 3:06 pm, Anonymous fesscool said...

thanks infonya ...menarik..

 
At 1:55 pm, Anonymous Ni Putu Eka said...

Thank you mbak... infonya oke banget. Nambah Ilmu pastinya, boleh copas ga ?

 
At 5:40 pm, Anonymous mami jordan @menumakananbalita.com said...

wah, trims ya sis. anakku seneng banget makan bayam. Ok, sekarang jadi tau deh apa yg mesti dilakukan. Boleh aku share ya infonya di blogku, spy ibu2 lain juga aware. Thx a big big bunch!

 
At 1:34 pm, Blogger izzie.9897 said...

Aku from malaysia..bace blog ini..bagus bangat..sori dehh kalu aku ngak bisa bahasa indonesia dengan baik...info ini sangat bermanfaat..tq2..trimas ya sis:-)

 
At 12:52 am, Anonymous Anonymous said...

Trim's infonya ya..
setahu saya sh kebanyakan sayuran yang berwarna hijau kurang baik kalau dipanasin

 
At 2:42 pm, Blogger coastarina said...

aq jg da lama tau dr kk tp blm detil..tq ya infony

 
At 7:47 pm, Anonymous Anonymous said...

Duh seneng bgt infonya mbak... Dr Bunda Gavin

 
At 8:34 pm, Blogger Unknown said...

duh...aku tadi sore kelupaan bablas manasin sayur bobor pake bayam ... trus mkan malam berdua sama anak pake sayur itu ...anakku umur 2 tahun...gimana dong...hiks...

 
At 5:32 am, Anonymous Brandon's mom said...

(⌣_____⌣ =-?) Hmmm ◦°◦ºº padahal sering masak pake aluminium. Hiks...hiks... Btwe, gimana kalo sayur kangkung mba? Kata mamaku sama, kangkung juga gak boleh dipanasin.

 
At 9:48 pm, Anonymous ajeng said...

jd tau nih alasan ilmiah kenapa sayur bayam tdk boleh terlalu.wlopun dlu sdh tau tp brun sekedar katanya,tp sekarang sdh tau jls'y.. mks ya smg bisa menampilkan yg lain dan bermanfaat bagi kita2...

 
At 9:47 pm, Anonymous Mebel jepara said...

Ternyata bayam ini tidak sesehat yang saya perkirakan.salah penanganan sedkit bisa berubah jadi racun.Sungguh mengerikan.

 
At 12:56 pm, Blogger Unknown said...

Kalau aku masakin anakku bubur pake rice cooker dan bayamnya aku masukkin sekalian sama wortel di rice cooker, kalau di rice cooker kan dalam keadaan panas terus dari pagi sampe sore ,bahaya nggak ?? Galau nih 😩

 

Post a Comment

<< Home