Lilypie 4th Birthday Ticker

Friday, March 24, 2006

Cemilan.... (1)

In fact, aku hampir gak pernah beli biskuit atau kue buat cemilan My Nikki (1 tahun 8 bulan). Semua cemilan dia aku usahain bikinan rumah. Soalnya kan klow kita yg bikin, kita tau betul bahan2nya apa, aman atau enggak buat anak kita.
Ini di antaranya yg jadi favorit Nikki.

Cheese Pie

Bahan kulit Pie:
  • 150 gr mentega (tp aku seringnya campur margarin, perbandingan 50:50, biar gak terlalu eneg)
  • 250 gr terigu, ayak
  • 1/4 sdt garam
  • 1 kuning telur

Bahan Isi:

  • 75 gr gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt baking soda
  • 1/2 sdt vanili bubuk (tp biasanya aku ganti ekstrak vanili)
  • 100 gr terigu, ayak
  • 75 gr mentega, lelehkan
  • keju cheddar parut secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kulit: campur mentega, terigu, dan garam. Aduk hingga adonan berbutir-butir seperti pasir. Masukkan telur, aduk rata.
  2. Olesi cetakan pie dengan margarin. Kemudian masukkan bahan kulit, dan tekan2 adonan. Sisihkan.
  3. Isi: Kocok gula pasir dan telur hingga agak mengembang. Tambahkan baking powder, baking soda, dan vanili. Kocok kembali hingga mengembang. Masukkan terigu, aduk rata. Masukkan mentega, aduk kembali hingga rata. Sisihkan.
  4. Ambil adonan isi, masukkan ke adonan kulit hingga agak penuh. Taburi keju parut. Lakukan hingga semua adonan habis.
  5. Panggang dalam oven panas bersuhu 145 derajat C hingga matang (adonan isi mengeras dan keju agak kecokelatan).

Sumber: femina

5 Comments:

At 9:45 pm, Anonymous Anonymous said...

Mbak...mbak...hebat ya,sampai cemilannya dibuat sendiri...waktunya banyak ya mbak?saya jg mau buat sendiri tp kok rasanya gk ada waktu ya?anak saya usianya 1 tahun,saya urus sendiri.mau dong resep bagi waktunya mbak...

 
At 11:32 pm, Blogger retma said...

Resep bagi waktu? huahahah. Untuk yg satu ini aku juga biasanya kalang kabut. Tapiiii, kebetulan aku ngantor mulai jam 5 sore.

Jadi, siangnya aku maksimalin bener buat anakku. Jdnya ya.. sempet buat makanan deh! Heheheh.

Yg penting, kamu niatin bener deh. Nanti aku coba posting cemilan yg gak makan waktu banget yak.

 
At 4:13 am, Anonymous Anonymous said...

ikut lomba masak virtual blogfam yuk. :D

 
At 10:13 am, Anonymous Anonymous said...

mbak..
kalo misal tepung nya aku ganti pk cream cheese. boleh ga?
masih nyambung sih sepertinya?
biar keju bgt ntar rasanya :D

thanks

 
At 11:59 pm, Anonymous Anonymous said...

Mbak apa bedanya ya mentega ma margarine?? Bukannya sama ya?

 

Post a Comment

<< Home